CONTOH BRD, MOCKUP, DATABASE APLIKASI KASIR
BUSINESS REQUIREMENT DOCUMENT
PROYEK APLIKASI KASIR KAFE SALATIGA
DIBUAT OLEH : YEVALINE ZELDA
PRODI BISNIS DIGITAL
POLITEKNK BHAKTI SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh :
Nama | Title | Tanda Tangan | Tanggal |
Yevaline Zelda | Project Manager |
| 19 Okt 2022 |
Direview Oleh :
Nama | Title | Tanda Tangan | Tanggal |
Khamarudin Syarif |
|
| 19 Okt 2022 |
Disetujui Oleh :
Nama | Title | Tanda Tangan | Tanggal |
Khamarudin Syarif |
|
| 19 Okt 2022 |
DAFTAR ISI
1. Deskripsi Proyek
Proyek aplikasi kasir merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah admin, manager, dan operator untuk mempermudah Admin bisa akses semua menu, manager bisa akses laporan stok & penjualan, dan operator hanya bisa akses transaksi penjualan.Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah akses dalam mengelola kafe. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2. Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:
a. Tampilan login
Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur Menu
b. Fitur Laporan stok & penjualan
c. Fitur Transaksi penjualan
3. Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi kebutuhan
Proyek Cafe ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun pada browser pada mobile (HP). Admin bisa akses semua menu, manager bisa akses laporan stok dan penjualan, oprator hanya bisa akses transaksi penjualan.
. Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login
- Admin
- Manager
- Operator
b. Manajemen menu
c. Manajemen laporan stok & penjualan
d. Manajemen transaksi penjualan
3.2 Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Cafe yang penjelasannya sebagai berikut:
a. Use case ini terdiri dari 3 actor yang berinteraksi dengan satu sistem yaitu admin, manager dan operator.
b. Sebelum masuk ke tampilan admin, manager, dan operator harus login terlebih dulu.
c. Admin bisa akses semua menu.
d. Manager bisa akses laporan stok & penjualan.
e. Operator hanya bisa akses transaksi penjualan.
Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung :
1. Proses login admin, manager, dan operator mempunyai atribut username dan password
2. Entitas menu mempunyai atribut makanan, minuman, dan harga
3. Entitas Stock & Penjualan mempunyai atribut laporan stok, laporan penjualan, dan total keseluruhan
4. Entitas Transaksi Penjualan mempunyai atribut penjualan, laporan, dan tanggal penjualan
4. Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a. Bisa digunakan PC
b. Tampilan user friendly dan responsif
c. Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password
d. Mudah digunakan
5. Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
- Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 200.000
- Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 150.000
- Pembuatan Modul Login : Rp. 450.000
- Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 150.000
- Total : Rp. 950.000
6. Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
- Orang ke- 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
- Orang ke- 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
- Orang ke- 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
- Orang ke- 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi
- Orang ke- 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server
7. Penjadwalan
Proyek Cafe ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen | Pekan 1 | Pekan 2 | Pekan 3 | Pekan 4 | Pekan 5 |
Pembuatan BRD | |||||
Desain & Layout | |||||
Development | |||||
Testing & Deployment |
Komentar
Posting Komentar